Beragam Jenis Material Untuk Pembuatan Kolam Ikan Minimalis

Poin Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi
17 Oktober 2019
Tanaman Hias Di Dalam Rumah Yang Memberi Kesan Cantik
17 Oktober 2019

Beragam Jenis Material Untuk Pembuatan Kolam Ikan Minimalis

               Taman Alam Raya – Pemilihan jenis material tidak hanya diperlukan saat membangun sebuah rumah. Ini juga sangat diperlukan untuk menghadirkan kolam ikan minimalis. Tempat yang menjadi rumah ikan nanti harus sesuaikan dengan konsep hunian. Keberadaan kolam ikan tidak hanya menjadi pelengkap sebuah taman di halaman rumah, tapi juga membawa nuansa tersendiri bagi seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, perlu kecermatan memilih material saat pembuatan kolam ikan minimalis agar enak dipandang.

Batu Padat

Penggunaan material batu padat untuk membuat kolam ikan dapat menciptakan daya tarik dan terkesan unik. Pemilihan material ini sangat sesuai untuk konsep tradisional atau alami karena terasa lebih dekat dengan unsur alam. Selain itu, kolam dari batu padat menjadi habitat yang baik bagi ikan hias karena menyediakan kelembapan yang cukup di sekitar kolam.

Batu padat sangat mudah diaplikasikan pada setiap bagian kolam, seperti bibir kolam, dinding, bahkan digunakan sebagai hiasan semata. Bagi yang menginginkan tambahan suara aliran air, batu alam dapat dibuat menyerupai tebing atau dinding air terjun. Jenis batu padat yang saat ini sangat digemari adalah batu alam mulai dari warna putih kecokelatan, abu-abu dan hitam.

Semen

Semen menawarkan daya tahan yang kuat untuk diaplikasikan pada pembuatan kolam ikan minimalis. Kekuatan dari semen sudah dibuktikan sebagai bahan campuran penyusun batu bata dalam membangun rumah. Pada umumnya, material ini disukai oleh pemilik rumah yang senang memelihara ikan nila dan koi.

Penggunaan semen cukup memudahkan karena dapat dibentuk sesuai dengan konsep yang diinginkan. Meskipun kuat, tetap harus memerhatikan ketersediaan makanan untuk ikan yang hidup di dalamnya. Kolam yang terbuat dari semen hanya bisa ditumbuhi oleh lumut, maka dari itu ikan memerlukan asupan makanan lain selain dari makanan alami.

Beton

Kolam ikan yang menggunakan material beton bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama apabila ditata dan dipasang secara benar. diperlukan keahlian yang tepat dalam mencampur adonan beton. Takaran adonan yang salah, dapat membuat beton retak hingga pecah dalam waktu singkat.

Penggunaan material beton sebagai pembentuk kolam memang memerlukan biaya yang tak sedikit karena perlu dikerjakan oleh tenaga profesional. Tapi, biaya yang dikeluarkan tentu sebanding dengan kualitas. Hasil pengerjaan kolam ikan minimalis lebih memuaskan dan tidak mudah rusak.

Plastik

Kolam ikan yang terbuat dari plastik bisa dijadikan sebagai jalan keluar apabila berada di daerah dengan jumlah air terbatas. Termasuk juga rumah dengan halaman atau ruang sempit dapat menggunakan kolam material plastik untuk memelihara ikan hias. Kolam ikan yang terbuat dari plastik dapat memberi kesan dramatis dan menarik.

Selain hemat tempat dan air, perawatan kolam plastik lebih mudah. Dari segi perawatannya pun lebih mudah dan praktis. Dengan menggunakan material ini, kolam tidak mudah bocor. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mewujudkan kolam impian karena bahan yang mudah ditemui di pasaran.

Tanah

Keterbatasan dana bukan menjadi halangan untuk membuat kolam minimalis. Ada cara sederhana yang bisa diterapkan, yaitu menggunakan tanah. Bisa dicoba dengan menggali lahan kosong yang terdapat di pekarangan rumah. Kolam yang terbuat dari tanah ini dikategorikan sebagai kolam tradisional. Makanan ikan dapat tumbuh secara alami sehingga dapat menghemat anggaran untuk pakan ikan.

Anda butuh jasa taman wilayah Surabaya dan sekitarnya? Hubungi saja 081357118301. Tak hanya berkaitan dengan taman, https://www.tamanalamraya.com/ juga melayani pembuatan kolam ikan minimalis. Tentu kolam ikan akan dibuat berdasarkan keinginan dengan sedikit masukan dari tim ahli.