Ciri Khas Desain Taman Kering Lahan Terbatas Ala Jepang

Taman Unik Memperindah Rumah Dengan TOGA
15 Oktober 2019
Unsur Yang Wajib Terpenuhi Saat Pembuatan Kolam Ikan Batu Alam
15 Oktober 2019

Ciri Khas Desain Taman Kering Lahan Terbatas Ala Jepang

               Taman Alam Raya – Bagi yang memiliki rumah dengan lahan yang terbatas juga berkesempatan untuk menghadirkan sebuah taman. Penggunaan konsep taman kering bisa digunakan sebagai solusi pembuatan taman kecil di rumah. Desain taman kering lahan terbatas terinspirasi dari taman Zen yang berasal dari negeri Bunga Sakura. Taman Zen sendiri memiliki ciri khas yang mudah dikenali sebagai taman yang mengadopsi budaya Jepang.

Tanaman Hias Minimalis

Tidak seperti taman pada umumnya, taman ala Jepang berisikan tanaman hias minimalis. Tanaman hias berukuran kecil atau tanaman bonsai menjadi ciri khas pertama dari taman kering. Ini dikarenakan lahan yang sempit tidak memungkinkan untuk menanam tanaman hias yang berukuran besar.

Agar taman terlihat cukup luas, maka tidak disarankan menanam banyak jenis tanaman. Penataannya pun dibuat dengan pemberian jarak. Jumlah tanaman yang terlalu banyak, serta jarak tanaman yang rapat hanya akan membuat taman terasa penuh dan sesak. Meski hanya dengan tanaman hias minimalis, dapat menghadirkan suasana segar alami.

Tanaman Yang Hidup Di Tempat Gelap

Mengingat lahan yang digunakan tidak terlalu besar maka harus cerdas dalam memilih jenis tanaman yang tepat. Untuk tanaman di taman kering, sebaiknya menggunakan tanaman hias yang tetap bisa hidup dengan cahaya matahari yang sedikit. Selain itu, perlu juga mempertimbangkan tanaman yang membutuhkan sedikit air.

Lahan Terbatas

            Taman kering ala Jepang memang bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang ada, terutama lahan sempit yang tidak terpakai di rumah. Tak heran apabila bisa memanfaatkan ruang kosong, baik di dalam maupun luar rumah. Terlebih lagi pada rumah model minimalis, desain taman kering lahan terbatas bisa dijadikan konsep utama dalam membuat taman.

Pemilik rumah dapat menghadirkan taman Zen di area-area yang sering terlewatkan, yaitu ruang bawah tangga, bagian sudut kecil rumah, dapur berkonsep outdoor, sisa lahan untuk sirkulasi dan area tengah perbatasan ruang tamu dan ruang keluarga. Dengan keberadaan taman kering pada area kosong tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi keluarga dan tamu yang datang.

Elemen Batu Dan Kerikil

Di negeri asalnya, taman Zen memiliki elemen penting yang tidak boleh terlepas, yaitu keberadaan batu dan kerikil. Kedua elemen tersebut disusun dengan pola gelombang atau menyerupai riak air. Bentuk dari pola tersebut bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi saat biksu bermeditasi.

Tentu ini dapat diterapkan untuk desain taman kering di rumah. Penggunaan material ini memberi kesan elegan dan cantik. Karena menggunakan batu dan kerikil, maka tidak cepat mengotori ruangan berlantai keramik. Keseruan dari proses pembuatan taman ini adalah menyusun batu dan kerikil hingga terbentuk variasi gelombang sehingga terkesan rapi dan bernilai tinggi.

Penyusunan Dan Penempatan Batu

Selain penggunaan material yang tepat, penyusunan dan penempatan batu dalam proses pembuatan taman kering Zen merupakan hal yang tak kalah penting. Disini kreativitas sangat dibutuhkan. Berbeda dengan konsep taman lain yang fokus pada penghijauan, taman khas Jepang lebih bermain dengan harmoni. Batu dan kerikil yang dipasang tidak ada yang dipandang istimewa. Semua elemen dari tanaman hingga bebatuan terbentuk dengan komposisi yang seimbang.

Desain taman kering lahan terbatas ini sangat cocok diterapkan pada rumah di daerah perkotaan. Selain menampilkan taman ala Jepang yang menarik, dari segi perawatan tidak memerlukan perhatian khusus. Klik langsung https://www.tamanalamraya.com/ untuk memperoleh gambaran tentang konsep taman. Anda butuh jasa taman wilayah Surabaya dan sekitarnya? Jangan ragu menghubungi 081357118301.