Langkah Tepat Dalam Perawatan Kolam Ikan Hias Di Rumah

Tanaman Hias Di Dalam Rumah Yang Memberi Kesan Cantik
17 Oktober 2019
Tanaman Hijau Vertical Garden Yang Membuat Rumah Tampak Asri
18 Oktober 2019

Langkah Tepat Dalam Perawatan Kolam Ikan Hias Di Rumah

               Taman Alam Raya – Sama seperti taman di rumah, agar terlihat indah kolam ikan hias juga memerlukan perawatan rutin. Ini bertujuan agar ikan hias yang hidup di dalam kolam dapat hidup dengan sehat. Ikan hias yang sehat dapat menyenangkan hati karena terlihat gesit saat berenang di dalam kolam. Perawatan kolam ikan hias tidak hanya sekedar memberi makan, tapi juga meliputi beberapa langkah yang perlu dilakukan dengan tepat.

Mempertimbangkan Jumlah Ikan

Ketika kolam ikan sudah jadi, maka perlu mempertimbangkan berapa jumlah ikan yang menjadi penghuni di dalamnya. Jumlah ikan hias yang dipelihara harus disesuaikan dengan ukuran kolam. Apabila ukuran kolam kecil, maka tidak disarankan memelihara banyak ikan hias. Ini dikarenakan ikan-ikan tersebut tidak bisa berenang secara bebas. Selain itu, kolam kecil menjadi lebih cepat kotor.

Dengan mempertimbangkan jumlah ikan, maka bisa juga menentukan tanaman yang akan ditambahkan ke dalam kolam ikan. Sangat penting memasukkan sejumlah ikan dengan melihat kapasitas dari sistem filtrasi kolam. Sebaiknya ikan dimasukkan secara bertahap agar bisa beradaptasi di lingkungan yang baru.

Memasang Filter

Pemasangan filter di dalam kolam ikan menjadi bagian yang sangat penting. Filter yang terpasang berfungsi menjaga kebersihan air kolam. Apabila tidak tersedia filter maka sudah dipastikan kolam ikan lebih cepat kotor. Air kolam yang kotor bisa disebabkan karena bengaruh area luar dan dalam kolam. Kondisi cuaca hingga debu dari luar kolam menjadi faktor luar yang menyebabkan kolam kotor. Sedangkan dari dalam kolam sendiri, kotoran ikan dan tanaman mati yang menyebabkan air menjadi kotor.

Filter yang dipasang harus sesuai dengan kapasitas air kolam. Apabila tidak sesuai, maka filter tidak dapat bekerja secara maksimal. Proses penyaringan tidak berjalan dengan baik apabila kemampuan filter terbatas. Sebelum memasang filter, lebih baik membaca petunjuk penggunaan yang terdapat dikemasan.

Memberi Makan Ikan Sesuai Kebutuhan

Tidak baik memberi makan ikan secara berlebihan karena beberapa ikan hias ada yang memiliki aturan tertentu. Tidak jarang seseorang begitu senang memberi makanan berlebih pada ikan, tentu hal ini tidak benar. Memberi makanan ikan dengan takaran yang tepat tidak hanya mencegah ikan mati, tapi juga memelihara kondisi kolam.

Lambat laun sisa makanan ikan yang tidak termakan berubah menjadi racun. Sehingga dapat membuat ikan hias mati karena mengkonsumsi racun. Selain itu, sisa makanan juga akan mengendap di dasar kolam yang membuat air kolam keruh. Ini dapat mempengaruhi kualitas air kolam. Pemberian makanan lebih baik dilakukan secara bertahap.

Mengganti Air Kolam

Perawatan kolam ikan hias tidak cukup hanya dengan membersihkan dari kotoran. Meski air masih terlihat jernih, perlu mengganti secara teratur. Air kolam yang bersih dan terlihat jernih bukan berarti sehat. Air kolam yang telah mengalami proses filtrasi dapat mengalami perubahan tingkat keasaman. Untuk menetralkan kembali, maka air tersebut harus diganti agar tidak terjadi perubahan ekstrim.

Menjaga Kebersihan Kolam

Perawatan kolam yang tidak boleh terlewatkan adalah selalu menjaga kebersihan kolam dari gulma dan tanaman yang tumbuh di sekitar kolam. Filter dan pompa air yang bekerja terus menerus juga perlu dibersihkan secara teratur agar ikan dapat tumbuh dengan sehat. Untuk di dalam kolam, bisa memasukkan binatang pembersih air. Binatang tersebut dapat memakan lumut dan kotoran yang ada di dalam air, contohnya ikan sapu-sapu.

Terkadang perawatan kolam ikan hias menyulitkan penghuni rumah karena waktu yang tersita untuk mengerjakan aktifitas lain. Tidak ada salahnya mengunjungi https://www.tamanalamraya.com/ untuk mendapatkan solusi. Anda butuh jasa taman wilayah Surabaya dan sekitarnya? Hubungi 081357118301. Kami juga menyediakan pelayanan merawat kolam ikan.