Perawatan Tanaman Hias Depan Rumah Agar Tetap Mempesona

Pilihan Tanaman Hias Untuk Taman Mungil Outdoor Dan Indoor
9 Oktober 2019
Tips Memilih Jasa Tukang Taman Yang Bagus Sesuai Budget
11 Oktober 2019

Perawatan Tanaman Hias Depan Rumah Agar Tetap Mempesona

               Taman Alam Raya –Tanaman hias kini banyak dicari sebagai pelengkap keindahan sebuah taman di depan rumah. Tak peduli seberapa besar lahan, sebuah taman memerlukan tanaman hias untuk menjaga nilai estetika rumah. Setiap tanaman memiliki bentuk dan keunikan tersendiri. Maka dari itu agar keindahan tetap terjaga, tanaman hias depan rumah harus selalu dirawat. Ada beberapa langkah untuk merawat tanaman hias.

Penyiraman

Melakukan penyiraman pada tanaman hias tidak boleh sembarangan. Cara dan waktu penyiraman bisa jadi berbeda antara jenis satu dengan yang lain. Tanaman hias cenderung lebih sensitif karena masing-masing jenis tanaman ada yang memerlukan cara khusus. Maka dari itu, saat menanam tanaman hias, sebaiknya memahami dulu karakter dari tanaman tersebut. Ada tanaman hias yang suka dengan air, begitu pula sebaliknya. Sebisa mungkin penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari. Penyiraman di siang hari sangat tidak disarankan karena dapat mengganggu proses fotosintesis.

Menjaga Kelembapan

Penyiraman berkaitan erat dengan upaya menjaga kelembapan tanaman hias depan rumah. Kelembapan yang cukup dapat dilihat dari tekstur dan warna tanaman. Apabila kelembapan kurang, tanaman akan memberikan sinyal, seperti daun atau bunga yang terlihat layu, daun mulai berwarna kuning atau kecoklatan dan tanah yang kaku mengering. Tanaman hias dalam pot bisa ditempatkan di dalam ruangan apabila kondisi udara sekitar terlalu sejuk.

Penyiangan Dan Pemangkasan

Cara dan waktu penyiangan tanaman hias berbeda-beda, bergantung pada karakter masing-masing. Saat menemukan daun yang terlihat layu dan menguning, sebaiknya segera melakukan penyiangan agar tidak merusak pemandangan. Sedangkan pemangkasan dilakukan untuk merapikan tanaman hias. Sangat disarankan menggunakan gunting untuk memotong daun atau batang yang rusak. Ini bertujuan agar tidak merusak tekstur dan mengganggu pertumbuhan tanaman hias.

Menghindari Hama Tanaman

Kerusakan paling parah dari tanaman disebabkan oleh hama. Kebanyakan binatang yang menjadi hama bagi tanaman hias adalah ulat dan belalang. Dalam hal ini, tanaman hias wajib mendapatkan perlakuan khusus sesuai dengan karakter tanaman. Sebaiknya hindari penggunaan pestisida apabila terdapat sedikit hama. Pestisida terpaksa diperlukan sebagai senjata pamungkas terakhir apabila hama telah merusak tanaman hias. Hanya saja harus diperhatikan dosis penggunaannya. Penggunaan pestisida secara berlebihan dapat merusak tekstur dan keindahan tanaman hias.

Memberi Pupuk

Pemberian pupuk pada tanaman hias memerlukan dosis yang tepat dan khusus. Pupuk organik dari kotoran hewan atau kompos memberikan nutrisi terbaik terhadap pertumbuhan tanaman. Di pasaran telah tersedia pupuk organik yang khusus untuk tanaman hias. Cara pemupukan yang baik adalah dengan membuat lubang-lubang kecil pada tanah. Setelah lubang tersebut terisi dengan pupuk, maka tutup lubang menggunakan tanah bercampur sekam.

Menjaga Kebersihan Taman

Segala macam perawatan yang dilakukan tidak berguna dengan membiarkan taman kotor. Dengan selalu menjaga kebersihan taman, maka tanaman hias akan terhindar dari hama. Daun-daun kering yang selalu berserakan harus dibersihkan agar taman terlihat rapi. Rumput liar yang tumbuh pada area sekitar tumbuhnya tanaman perlu dicabut secara rutin agar taman tetap mempesona.

Pastikan perawatan tanaman hias depan rumah telah dilakukan dengan tepat agar tidak mengurangi keindahan taman. Tentu saja perawatan harus dilakukan secara rutin dengan memahami karakter dari masing-masing tanaman hias. Anda butuh jasa taman wilayah Surabaya dan sekitarnya? Hubungi nomor 081357118301. Sebagai gambaran jasa yang ditawarkan, bisa mengunjungi website https://www.tamanalamraya.com/.