Poin Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi

Unsur Yang Wajib Terpenuhi Saat Pembuatan Kolam Ikan Batu Alam
15 Oktober 2019
Beragam Jenis Material Untuk Pembuatan Kolam Ikan Minimalis
17 Oktober 2019

Poin Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi

               Taman Alam Raya – Kolam ikan bisa dijadikan alternatif memberi aksen keindahan pada rumah. Dari segi psikologis, keberadaan kolam ikan dapat menciptakan suasana tenang. Dari suara gemercik aliran air dapat membuat pikiran lebih rileks. Salah satu ikan hias yang masih digemari hingga saat ini adalah ikan koi. Beberapa orang percaya dengan memelihara ikan koi dapat membawa keberuntungan kepada pemilik rumah. Terdapat poin penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam ikan koi.

Lokasi Kolam

Agar bisa memelihara ikan koi di dalam kolam, maka perlu memerhatikan lokasi kolam dibuat, apakah di dalam atau di luar rumah. Lokasi kolam sangat memengaruhi sinar matahari yang di terima oleh ikan. Kolam koi yang baik harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Akan tetapi tidak diperbolehkan terlalu banyak sinar matahari yang masuk ke kolam karena akan membuat suhu air menjadi panas. Dengan kata lain, kolam dibuat di tempat yang teduh.

Perkembangan ikan koi cukup bergantung pada pencahayaan. Apabila lokasi kolam mendapat pencahayaan yang baik, maka koi dapat tumbuh secara maksimal. Jangan heran apabila nanti muncul spesies lain, seperti lumut atau ganggang karena pemilihan lokasi yang teduh. Lokasi yang tepat selain memaksimalkan pertumbuhan ikan koi, juga membuat kolam berwarna hijau karena lumut dan ganggang. Maka dari itu kolam perlu dibersihkan secara rutin.

Ukuran Kolam

Penentuan ukuran kolam koi harus disesuaikan juga dengan jumlah populasi ikan yang akan menempati kolam tersebut. Maka dari itu dalam menentukan ukuran kolam tidak hanya membutuhkan perhitungan, tapi juga ketelitian. Dengan perhitungan yang matang, kolam dapat dibuat sesuai dengan rancangan.

Perancangan Desain Kolam

Pada dasarnya ada tiga bentuk kolam ikan koi yang bisa diaplikasikan, yaitu lingkaran, persegi dan bentuk bebas. Untuk kolam ikan yang bergabung satu lahan bersama dengan ruang hijau atau taman, bisa menciptakan kreasi kolam yang disesuaikan dengan konsep atau bentuk taman. Keduanya harus ditata dengan selaras agar tercipta perpaduan antara kolam ikan dan taman yang indah.

Kolam berbentuk persegi sesuai untuk konsep formal sehingga bisa diaplikasikan di dalam ruangan. Terlebih lagi untuk ruangan minimalis yang dibangun untuk keperluan resmi, kolam persegi memberikan kesan tenang dalam berpikir. Kolam ikan koi berbentuk lingkaran lebih menunjukkan kesan mewah, tradisional dan elegan. Sedangkan kolam dengan konsep bebas, lebih sesuai diterapkan pada rumah yang memiliki pekarangan yang cukup luas.

Perancangan Filtrasi

Sistem filtrasi sangat diperlukan dalam pembuatan kolam ikan. Tujuan dari filtrasi adalah untuk menjaga kadar oksigen yang diperlukan ikan koi dalam keadaan cukup dan membuang kotoran. Oksigen bukan hanya berguna untuk pernapasan ikan, tapi juga membantu proses pencernaan ikan koi. Dari proses pencernaan tersebut, ikan koi akan mengeluarkan feses yang mengandung zat amonia. Zat amonia ini yang kemudian akan disaring melalui sistem filtrasi kolam ikan.

Kestabilan Kondisi Kolam

Kestabilan kondisi kolam tidak hanya diukur dari volume air, tapi juga tingkat keasaman atau pH air kolam. Pengecekan pH perlu dilakukan pada saat sebelum dan sesudah air dimasukkan ke dalam kolam. Kadar pH pada kolam koi idealnya adalah 7. Apabila lebih tinggi, maka air kolam rentan terhadap zat amonia yang mengandung racun. Sedangkan apabila pH lebih rendah juga sangat berbahaya bagi ikan koi.

Pembuatan dan perawatan kolam ikan koi memang cukup rumit. Tapi, https://www.tamanalamraya.com/ dapat membantu setiap masalah pada kolam ikan dan pembuatan taman. Anda butuh jasa taman wilayah Surabaya dan sekitarnya? Segera hubungi 081357118301.

Baca juga artikel terkait, klik disini >>