Teknik Penyuburan Tanah dan Bahan-bahan Media Tanam – Taman Alam Raya

Pohon Palem untuk Nuansa Alam yang Kental – Taman Alam Raya
3 Oktober 2017
Tukang Taman Terbaik di Surabaya | Hub. 081330330046
27 Juli 2019

Teknik Penyuburan Tanah dan Bahan-bahan Media Tanam – Taman Alam Raya

               Tanah yang subur adalah tanah yang apabila ditanami tumbuhan/tanaman bisa memberikan hasil yang banyak berupa produksi daun, batang, buah atau umbi. Guna mencapai tujuan tersebut maka tanah yang dijadikan lahan usaha perluada upaya agar tanah tersebut subur dalam jangka waktu yang tidak terbatas dan berkelanjutan. Ada beberapa macam cara untuk menyuburkan tanah.

1.Pada tanah yang banyak mengandung liat (tanah liat).

Jenis tanah ini banyak mengandung makanan tapi sayang tidak bisa dimakan oleh tumbuhan karena kekurangan kadar oksigen (O2). Untuk menanggulanginya yaitu mengupayakan agar tersedia oksigen. Caranya adalah dengan memberikan : kompos, bokashi pupuk kandang arang, atau bahan organik lainnya sehingga tanah menjadi gembur.

2. Pada tanah yang berpasir atau tanah yang banyak mengandung pasir.

Jenis tanah ini adalah sulit mengikat air, cepat kering dan merana. Adapun cara mengatasi tanah seperti ini adalah dengan menambahkan bahan organic seperti : kompos, bokashi pupuk kandang, pupuk organik daun hijau yang mudah busuk ditambah dengan kotoran hewan, tanah dan air dengan perbandingan 1: 1: 1: 1, simpan didalam drum dan biarkan selama 3 minggu.

3. Pada tanah yang banyak mengandung kapur.

Jenis tanah ini memiliki keasaman yang tinggi, mudah longsor, makanan mikronya kurang tersedia (contoh : zat besi, seng, tembaga). Untuk mengatasi jenis tanah seperti ini adalah dengan memberikan pupuk kompos, dan dedaunanyang hijau apalagi bila dedaunannya jenis tanaman yang berbunga kupu-kupu seperti kacang-kacangan, johar, turi, dll. Dan untuk menurunkan tingkat keasaman dilakukan dengan cara memberikan pupuk yang mengandung belerang.

4. Tanah yang bersifat asam.

Tanda-tanda tanah yang bersifat asam bila di sawah warna air kuning berkarat, bila di darat suka ditumbuhi alang-alang, haredong (sunda)/ sedudu, bila ditanami jagung buah jagungnya menguning dan bila ditanami kacang tanah tidak ada buah yang berenas. Apabila menemukan tanah seperti ini keasamannya (pH) berkisar antara 3 – 5. Dengan demikian pHnya harus disesuaikan dahulu sesuai dengan keinginan tanaman. Untuk mengatasi masalah tanah seperti ini ada banyak cara diantarnya :

  • Tanah dijemur.

Tanah dicangkul, dibajak. Tanah yang berupa bongkahan dibiarkan terjemur oleh sinar matahari selama 2 minggu.

  • Diberi arang sekam.

Tanah ditaburi arang sekam selanjutnya dicangkul hingga arang tersebut bercampur dengan tanah.

  • Memperbaiki tata udara dalam tanah.

Tanah diolah kemudian dibuat parit-parit untuk menghindari genangan air dan pada tanah gambut dibuat memanjang dengan jarak 25 m agar terjadi pencucian dan yang asam mengalir.

  • Menambahkan pupuk organic

Dengan menambah pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan yang banyak, maka secara bertahap pH tanah akan berangsur-angsur naik atau dengan kata lain keasaman berkurang secara bertahap.

  • Pengapuran

Untuk menurunkan tingkat keasaman atau menaikkan pH dapat ditaburkan kapur pertanian di atas tanah yang sudah dicangkul kemudian dicangkul kemudian diaduk dengan tanah, apabila sudah tercampur kapur pertanian dengan tanah siram dengan air dapat pula denga air hujan, biarkan 10 sampai 15 hari, baru ditanam. Untuk penambahan jumlah kapur dapat dilakukan dengan cara perhitungan berikut :Bila diketahui pH tanah kita 4,5. Tanah yang pH yang kita inginkan 6, maka 6 – 4.5 = 1,5. Kemudian kita dari tabel-1. Tabel Kebutuhan Kapur Dolomite pada selisih pH 1.5 maka diperoleh pemberian kapur pertanian 5.25 ton/Ha. Penambahan selanjutnya dapat dilakukan lagi setelah 3 – 5 tahun.

MEDIA TANAM

Kualitas media tanam merupakan salah satu factor utama yang mempengaruhi baik atau buruknya tumbuh kembang dari  buah daun batang dan akar pada tanaman. Ada banyak media tanam yang dapat kita gunakan, diantaranya :

  • Bokashi

Media tanam Bokashi adalah metode pengomposan yang dapat menggunakan starter aerobik maupun anaerobik untuk mengkomposkan bahan organik, biasanya berupa campuran molasses, air, starter mikroorganisme, dan sekam padi.

Manfaat Bokashi sebagai media tanam dalam pot adalah mampu untuk memperbaiki sifat kimia dan biologi, dapat meningkatkan produksi tanaman serta menjaga kesuburan & kesehatan fisik tanaman. Manfaat lain dari penggunaan kompos / bokashi mencukupi segala kebutuhan unsur baik miro atau makro yang dibutuhkan tanaman. Efek lain dari sistem pupuk bokashi ini adalah bahwa hasil fermentasi tidak se-bau cara konvensional misalnya pada pupuk kompos. Proses pembuatan pupuk bokashi juga relatif lebih cepat dibandingkan pupuk kompos. Juga menekan tumbuhnya jamur, fungi dan gulma.

  • Arang sekam

Manfaat yang di dapat dari menggunakan arang sekam pada media tanam adalah efek yang telah diketahui meningkatkan ketersediaan unsur fosfor (P). Penambahan arang sekam pada media tanam atau tanah pertanian juga meningkatkan sistem pertukaran udara pada zona akar tanaman.

  • Cocopeat

Manfaat cocopeat sebagai bahan campuran pembuatan media tanam ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan tanaman. Cocopeat memiliki kelebihan memperbaiki aerasi pada media tanam serta kemampuan menyimpan air 6 kali lipat dari volume / berat kering. Yang pada akhirnya dengan menggunakan debu dari sabut kelapa dapat mengurangi intensitas penyiraman.

  • Dolomit

Dolomit digunakan sebagai campuran media tanam, akan membawa dampak baik bagi pH media tanam dari asam mendekati ke netral. Jika pH media tanam mendekati netral maka dapat meningkatkan aktivitas organisme untuk menguraikan bahan-bahan organik lainnya. Dampak terbaik akan didapat yang akhirnya memperbaiki struktur media tanam juga dapat membantu menghindari pencucian unsur hara dalam media tanam pot atau plybag.

 

Tag : tukang taman surabaya, tukang taman sidoarjo, tukang taman jawa tengah, tukang taman pasuruan, tukang taman jawa tengah, jasa taman surabaya, jasa taman sidoarjo, pembuatan taman surabaya, pembuatan taman sidoarjo.