Tips Menyiram Tanaman Dalam Ruangan – Taman Alam Raya

tukang taman surabaya
Jasa Taman Surabaya – Taman Alam Raya Surabaya
27 September 2017
Proyek Tukang Taman Surabaya 30-09-17
2 Oktober 2017

Tips Menyiram Tanaman Dalam Ruangan – Taman Alam Raya

Menyiram Tanaman Dalam Ruangan – Interior dalam sebuah ruangan terlihat cantik dengan tambahan nuansa alam seperti meletakkan tanaman hidup. Kehadiran tanaman memberikan banyak manfaat bagi kesehatan karena dapat menjernihkan udara melalui kandungan oksigen yang dihasilkannya.

Nah sekarang kita bahas bersama bagaimana kita dapat merawat tanaman dalam ruangan agar tetap hidup dengan baik? Berikut ini adalah tipsnya :

a. Menjaga Kelembapan Air.

Saat penyiraman kita perlu menjaga kelembapan tanah dalam pot, kita juga tidak boleh terlalu membasahi tanah. Jika kita menggunakan tanah pada kondisi terlalu kering atau terlalu basah akan berdampak buruk pada pertumbuhan tanaman seperti pertumbuhan akar dan daun.  Pemilihan jenis tumbuhan akan memerlukan intensitas penyiraman yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada jenis tumbuhan itu sendiri. Tumbuhan yang mempunyai daun lebat dan tebal akan memerlukan banyak air.

Bagaiman kita dapat mengetahui jika kita menyiram terlalu banyak air, Cirinya adalah mulai tumbuh jamur yang tumbuh dipermukaan tanah dan air susah mengalir ke dasar tanah. Maka waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman yaitu saat tanah terlihat retak dan berwarna lebih cerah. Kita juga dapat memasukkan jari ke dalam permukaan tanah untuk merasakan kelembapannya, apakah tanaman memerlukan penyiraman atau tidak.

Tanda-tanda tanaman kebanyakan air adalah akarnya membusuk serta daunnya tidak tumbuh atau membentuk garis-garis lunak dan membusuk. Tanda-tanda tanaman dehidrasi adalah pertumbuhan daun yang lambat, pinggiran daun berwarna cokelat dan kering, dan daun bagian bawah menjadi kuning dan mengeriting.

Gunakan alat genggam pengukur kelembapan untuk memastikan tingkat kelembapan tanah. Menggunakan alat pengukur kelembapan adalah cara paling akurat untuk mencari tahu seberapa lembap tanaman. Mekanisme alat ini adalah memeriksa tanah untuk menghasilkan analisis seberapa lembap tanah tersebut. Anda bisa membeli alat pengukur kelembapan di toko perlengkapan rumah dan berkebun, dan toko serba ada tertentu.

Baca juga :

Tukang Taman Terbaik di Surabaya | Hub. 081330330046

Jasa Tukang Taman Pasuruan | Taman Alam Raya

b. Suhu Air

Menggunakan air dengan suhu ruangan. Suhu air yang paling baik digunakan untuk menyiram tanaman adalah 20 derajat Celsius. Anda bisa menggunakan termometer untuk mengetahui suhu air atau bisa pula mendiamkan air, setelah menyiramkannya ke tanaman, dan membiarkan agar suhunya menjadi suhu ruangan. Jika terlalu panas, air bisa membuat akar membusuk dan tanaman menjadi syok sehingga tanaman dalam ruangan tersebut mati. Air yang terlalu dingin menyebabkan tanaman tidak tumbuh sehingga menghambat pertumbuhan saat ini dan waktu kemudian.

c. Pilih Pot dan Jumlah Lubang

Pilihlah pot yang memiliki lubang pembuangan air. Jumlah lubang pembuangan air pada pot tanaman sangat penting karena terlalu sedikit atau terlalu banyak air bisa merusak atau membunuh tanaman. Pastikan terdapat lubang pembuangan air di bagian bawah pot.

Tips diatas adalah beberapa cara untuk merawat tanaman dalam ruangan dengan penyiraman yang diatur sesuai dengan kebutuhan jenis tanamannya. Semoga bermanfaat.

Tag : tukang taman surabaya, tukang taman sidoarjo, tukang taman jawa tengah, tukang taman pasuruan, tukang taman jawa tengah, jasa taman surabaya, jasa taman sidoarjo, pembuatan taman surabaya, pembuatan taman sidoarjo.