Unsur Yang Wajib Terpenuhi Saat Pembuatan Kolam Ikan Batu Alam

Ciri Khas Desain Taman Kering Lahan Terbatas Ala Jepang
15 Oktober 2019
Poin Penting Dalam Membuat Kolam Ikan Koi
17 Oktober 2019

Unsur Yang Wajib Terpenuhi Saat Pembuatan Kolam Ikan Batu Alam

Taman Alam Raya – Sebuah kolam kini tidak hanya digunakan untuk budidaya ikan. Seiring dengan perkembangan arsitektur dan desain interior, kolam ikan bisa dihadirkan sebagai pemanis rumah. Dari segi psikologi, suara percikan dan aliran air dapat membuat pikiran rileks. Kolam ikan menawarkan nilai estetika yang cukup tinggi dengan menggunakan bahan batu alam. Terdapat unsur pokok yang tidak boleh ditinggalkan dalam pembuatan kolam ikan batu alam.

Lantai Dasar Kolam

Untuk membuat lantai dasar kolam yang kuat dan indah, maka disarankan menggunakan bahan yang berkualitas. Hal ini merupakan faktor penting untuk mencegah merembesnya air kolam. Dasar kolam bisa terbuat dari bahan cor dengan besi atau cor batu koral. Komposisi perbandingan harus pas dengan campuran semen yang lebih banyak daripada pasir. Kolam ikan yang berukuran cukup besar akan terlihat lebih natural. Ini dikarenakan luas dan kedalaman kolam telah sesuai. Tentu ikan dapat bergerak aktif berenang ke permukaan atau dasar kolam.

Apabila kolam ikan terletak di luar ruangan, maka sebaiknya memiliki kedalaman minimal 1 meter. Sedangkan untuk kedalaman kolam ikan yang terletak di dalam rumah, ukuran minimal kedalaman adalah 80 cm. Kedalaman kolam ikan di luar ruangan dibuat lebih tinggi daripada di dalam rumah karena mudah terpapar sinar matahari langsung. Apabila kedalaman kolam terlalu dangkal, maka suhu air lebih cepat meningkat dan menjadi tempat perkembangbiakan lumut.

Dinding Kolam

Dinding kolam ikan dibuat sebagai pembatas antara kolam ikan dengan area luar kolam. Kolam yang bersebelahan dengan pagar atau dinding perlu dibuat dengan desain yang berbeda dari kolam ikan biasa yang dibuat pada lahan luas. Agar terlihat menarik, perlu membuat desain yang unik, tapi serasi dengan pagar atau dinding rumah.

Dinding kolam ikan sudah sepatutnya mengedepankan sisi dekoratif tanpa menghilangkan kekuatan bahan dasar. Untuk menciptakan kesan natural, penggunaan batu alam sangat dianjurkan. Ini karena batu alam terkesan menyatu dengan taman atau lingkungan yang berada di sekelilingnya.

Bak Filter

Dalam kolam ikan, bak filter berfungsi untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih. Selain itu juga dapat mengubah senyawa berbahaya yang berasal dari sisa makanan ikan yang telah membusuk. Adanya bak filter membuat lebih mudah untuk merawat kolam. Kapasitas bak filter yang disarankan adalah sekitar 30% dari ukuran kolam. Terdapat tiga bagian dalam bak filter, yaitu sikat, bioball, dan ziolit.

Pompa Air

Unsur penting yang bisa digunakan untuk menambah nilai estetika sebuah kolam adalah pompa air. Pompa air menjadi dominan karena bertugas untuk menyedot dan menyemprotkan air kolam sebagai sirkulasi. Pompa khusus kolam ikan ini berbentuk pompa air celup yang dapat disembunyikan di beberapa bagian kolam ikan batu alam.

Keindahan kolam dapat ditampilkan dengan percikan atau aliran air yang keluar dari dalam dinding yang diberikan aksen batu alam. Dari sinilah nanti suara gemercik air terdengar hingga dapat menenangkan hati. Untuk memberi efek semburan, memerlukan alat yang disebut nozzle.

Kolam ikan batu alam cukup digemari karena menarik dan dekat dengan alam. Selain itu cocok juga diaplikasikan sebagai ornamen tambahan pada taman di dalam atau luar rumah. bahkan kolam minimalis juga terlihat indah menggunakan bahan batu alam. Anda butuh jasa taman wilayah Surabaya dan sekitarnya? Hubungi 081357118301, agar mendapat sedikit gambaran bisa langsung klik https://www.tamanalamraya.com/.